Sabtu, 22 Desember 2012

EFEKTIVITAS KELOMPOK TANI


MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KELOMPOK TANI


Oleh  :   Sailan, SP, M.Si
KJF BP4K Kabupaten Bengkulu Tengah
dan Pembina P4S Cita Laksana Mandiri

Efektivitas kelompok tani adalah keberhasilan yang diperoleh dalam mencapai tujuan kelompok tani melalui semua kegiatan atau aktivitas yang telah direncanakan sebelumnya
Efektivitas kelompok tani sangat penting diukur karena menggambarkan tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan kelompok.
Efektivitas kelompok tani dapat diukur dari tingkat pendapatan usaha tani, proaktif dan kepatuhan anggota, dan kepuasan anggota kelompok tani. 
Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan menjadi sangat penting artinya, karena menjadi arahan anggota kelompok tani menentukan capaian tujuan kelompok tani. 
Banyaknya tujuan yang dapat dicapai oleh kelompok tani berkorelasi positif terhadap jumlah keberhasilan kegiatan kelompok tani, dan pada akhirnya terpenuhinya kepuasan anggota kelompok tani.
Perlunya Kekompakan dan Kedinamisan dalam Kelompok Tani untuk Meningkatkan Efektivitas Kelompok Tani
Dengan adanya suatu kekompakan dan kedinamisan dalam kelompok tani, maka akan memberikan suatu bentuk kepuasan dalam diri pribadi anggota dan kepuasan kelompok tani.

Kelompok tani yang efektif cenderung akan selalu meningkatkan atau mempertahankan kedinamisan kelompok tani, pemupukan kedinamisan kelompok tani yang berkelanjutan akan membuahkan suatu bentuk  peningkatan efektivitas kelompok tani.




Cara Melihat efektivitas Kelompok tani

Perlu diketahui keberhasilan kelompok tani dalam mencapai tujuannya, semangat dan sikap para anggota yang merasa bangga serta bahagia berada dalam wadah kelembagaan kelompok tani, dan adanya kepuasan anggota kelompok tani karena tercapainya tujuan individu melalui kelompok tani.   

Menumbuhkan Emphaty dan Kesetiakawanan Anggota Kelompok Tani

Sikap saling menghargai dan tolong- menolong dapat ditumbuhkembangkan melalui ikatan yang kokoh yang selama ini telah ada dan mendasar di masyarakat.

Penumbuhkembangan ikatan yang kokoh di masyarakat dengan berkesinambungan akan menimbulkan emphaty dan kesetiakawanan  antara anggota kelompok tani. 

Sifat emphaty dan kesetiakawanan dalam kelompok tani merupakan luaran yang timbul akibat adanya kemampuan dan tanggungjawab tugas yang diberikan kepada anggota dalam melaksanakan dan mempertanggungjawabkan suatu pekerjaan secara benar dan jujur apa adanya.

Anggota dan pengurus kelompok tani yang mempunyai kemampuan dan sifat yang dapat dipercaya selalu dinilai oleh anggota – anggota yang lain dan menjadi panutan bagi mereka dalam menghadapi dan memecahkan masalah (problem solving) dalam kelembagaan kelompok tani dan masyarakat.

Efektivitas Kelompok Tani
(1) Tingkat pendapatan anggota kelompok tani
(2) Proaktif dan kepatuhan anggota kelompok tani, dan
(3) Kepuasan anggota kelompok tani.

Tingkat Pendapatan Anggota Kelompok Tani

Tingkat pendapatan anggota kelompok tani adalah penghasilan dari usaha yang dilakukan oleh anggota kelompok tani melalui kegiatan pertanian dan non pertanian.

Kegiatan pertanian berupa usahatani : padi sawah, perkebunan, peternakan, dan perikanan.  Sedangkan kegiatan non usaha tani merupakan kegiatan seperti : pertukangan, dagang, perbengkelan, derep, dan lainnya.

Proaktif dan Kepatuhan Anggota Kelompok Tani

Proaktif dan kepatuhan anggota kelompok tani merupakan sikap ikutserta anggota kelompok tani dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan kelompok tani. 

Nilai – nilai, norma, dan aturan yang ada di kelompok tani akan memberikan nilai positif terhadap Proaktif anggota kelompok tani dan kepatuhan anggota kelompok tani

Kepuasan Anggota Kelompok Tani

Kepuasan anggota kelompok tani dijabarkan dalam bentuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah diperoleh oleh anggota kelompok selama menjadi anggota kelompok tani. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar