Sabtu, 22 Desember 2012

SUMBERDAYA KONTAK TANI



 
PERAN SUMBERDAYA KONTAK TANI
DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KELOMPOK TANI


Oleh  :   Sailan, SP, M.Si
KJF BP4K Kabupaten Bengkulu Tengah
dan Pembina P4S Cita Laksana Mandiri


Sumberdaya kontak tani sebagai komponen manusiawi dalam proses penyebaran informasi penyuluhan pertanian mempunyai peranan yang sangat strategis dalam usaha pembentukan sumberdaya manusia yang terampil, potensial dan berkualitas.

Sumberdaya kontak tani merupakan petani pemimpin yang maju, bukan pemimpin petani, mempunyai pengaruh baik terhadap lingkungan, suka membantu dan memberi petunjuk, usahatani dan kegiatannya dicontoh serta diterima oleh para petani lainnya. 

Tugas dan tanggungjawab sumberdaya kontak tani dalam membina kelompok tani merupakan upaya untuk mewujudkan pencapaian tujuan kelompok. 

Peranan sumberdaya kontak tani :
(1) Memfasilitasi anggota kelompok tani dalam mencapai tujuan kelompok tani
(2) Membantu para anggota memenuhi kebutuhan
(3) Mewujudkan nilai kelompok
(4) Mewakili pendapat anggota kelompok tani dalam berinteraksi dengan pihak lain

Memfasilitasi Anggota Kelompok dalam Mencapai Tujuan

Kontribusi peranan sumberdaya kontak tani dalam memfasilitasi anggota kelompok tani adalah tercapainya tujuan kelompok tani sesuai dengan jumlah kebutuhan yang telah direncanakan. 

Peranan sumberdaya kontak tani dalam memfasilitasi anggota kelompok tani, antara lain adalah :  sosialisasi program tanam serempak untuk tanaman padi sawah, pengendalian hama dan penyakit secara terpadu, pengelolaan lingkungan yang bersih dan berkelanjutan, sosialisasi pemanfaatan bahan organik, penggunaan hemat air irigasi desa, dan pemupukan modal usaha kelompok tani.  

Sumberdaya kontak tani sebagai pembimbing menyediakan sebanyak dan seluas mungkin bahan yang membahas masalah dari segala segi dan memberikan penjelasan sesuai dengan daya tangkap anggota kelompok tani dan disertai dengan contoh – contoh yang dipahami oleh anggota kelompok. 

Pelatihan keterampilan dilakukan pada waktu anggota kelompok tani memerlukan tambahan keterampilan baru, melalui praktik belajar sambil bekerja (learning by doing).  Sumberdaya kontak tani menjelaskan lalu memberikan contoh dan memberi kesempatan kepada anggota untuk mengerjakan dengan segala kemungkinan kekeliruan.

Sedangkan perancangan pengalaman belajar kreatif dapat dilakukan pada waktu menciptakan situasi yang memungkinkan anggota kelompok mendapatkan pengalaman baru atau membantu anggota menata pengalamannya di masa lampau dengan cara baru, sehingga timbul kesempatan untuk berlaku lain dari yang sudah terbiasa (thinking out of the box). 

Sumberdaya kontak tani dalam perancangan pengalaman belajar kreatif sedikit mengurangi perannya dan memberikan anjuran serta semangat untuk saling belajar secara aktif dan kreatif, intervensi dapat dilakukan pada saat yang perlu saja dan dirasakan akan membantu kelancaran proses  belajar anggota kelompok tani (hit and run).

Membantu Para Anggota Memenuhi Kebutuhan

Sumberdaya kontak tani merupakan orang yang dipercaya oleh anggota kelompok tani untuk dapat memenuhi kebutuhan anggotanya. 

Upaya penyediaan sarana produksi pertanian merupakan rencana yang dibuat dan disepakati oleh anggota kelompok tani, yang dituangkan dalam bentuk Rencana Definitif  Kebutuhan Kelompok/RDKK

Untuk memenuhi kebutuhan annggota kelompok tani dalam penyusunan RDKK seharusnya sumberdaya kontak tani melibatkan semua anggotanya untuk bermusyawarah agar aspirasi anggota kelompok dapat ditampung dan menjadi suatu bentuk perencanaan kebutuhan bersama.
Mewujudkan Nilai Kelompok

Nilai kelompok tani tidak hanya diambil berdasarkan keberhasilan yang dicapai oleh sebagian anggotanya saja, tetapi nilai kelompok tani dicapai melalui semua kegiatan yang dilakukan oleh semua anggota kelompok tani

Untuk mencapai keberhasilan tersebut sumberdaya kontak tani harus menampung semua aspirasi yang ada dan yang diusulkan oleh anggotanya, bukan hanya berdasarkan ide atau gagasan dari sumberdaya kontak tani atau generalisasi usulan sebagian annggotanya saja. 

Keakraban dan kedekatan sumberdaya kontak tani dengan anggota kelompok tani  akan memberikan peluang yang baik bagi anggotanya untuk menyampaikan masalah dan pemecahananya untuk dapat ditindaklanjuti agar nilai kelompok tani yang sesungguhnya dapat tercapai.

Mewakili Pendapat Anggota Kelompok Tani Berinteraksi dengan Pihak lain

Sumberdaya kontak tani diharapkan dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik dengan siapapun dalam upaya mewakili pendapat anggotanya. 

Bentuk komunikasi dan interaksi dengan pihak lain ini dapat berupa :  kerjasama pemasaran hasil pertanian, penyediaan sarana produksi pertanian (saprotan), kerjasma penyediaan informasi teknis pertanian dengan Perguruan Tinggi dan Balai Penelitian, kerjasama magang antar kelompok tani di luar daerah yang mempunyai prospek teknologi yang dapat memajukan usaha kelompok tani, kerjasama penangkaran benih, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar